.

.

Sabtu, 23 Februari 2013

Bisik-bisik Tetangga

Dalam ilmu SEO sering disebutkan bahwa efek dari bewe itu akan membuat  blog kita semakin rame. Sebaliknya, jangan terlalu berharap blog kita bisa dikenal orang, jika berkunjung ke blog orang lain saja jarang dilakukan. Mau tahu contohnya? Lihat saja blog ini ! Meski sudah berhari-hari empunya tak sliweran di keramaian, tapi Kafedut masih saja sepi bak kuburan hahaha.

Untuk mereka yang baru saja menghirup udara Blogsphere,  Blog Walking mungkin masih dianggap sesuatu yang baru dan asing di telinga mereka. Padahal  hingga kiamat dunia maya nanti bisa jadi aktifitas ini akan terus terjadi. BW bak adat istiadat yang diwariskan dari satu generasi ke generasi blogger berikutnya. Saling kunjung mengunjungi, meninggalkan komentar, barter link, hingga berbagai angpao berupa award, itulah beberapa aktifitas yang dilakukan ketika blogwalking. Yang tentu saja akan membuat langit maya blogsphere semakin berwarna warni.

Ibarat jamu, blog walking itu mungkin sejenis jamu pembangkit gairah bagi para blogger baru. Banyaknya tamu baru yang  melakukan anjangsana, so pasti akan semakin menambah pula gairah ngeblog mereka. Ditambah lagi dengan kenangan para tamu yang ditinggalkan melalui kotak komentar.  Pujian, saran hingga kritikan, yang tentunya akan membuat seorang blogger pemula lebih tekun lagi ngeblog dan terus belajar membenahi tulisan.

Blog Walking juga cara yang cukup ampuh untuk membuat peringkat Google dan Alexa blog kita melesat jauh. Dengan seringnya melakukan bewe, sekaligus meninggalkan jejak berupa komentar, tentunya akan membuat peluang blog kita dikunjungi balik semakin besar. Tapi, apa itu saja yang menjadi tujuan kita saat berkunjung ke rumah tetangga?.

Jika mengharap kunjungan balik semata atau sekedar menambah koleksi komentar orang di artikel terbaru kita, saya rasa tak akan lama lagi karier ngeblog seseorang akan terhenti. Menyala di awal, lalu meredup hingga kemudian padam. Ya, mereka akan terjebak dalam aktifitas bewe itu sendiri. Hanya menyisakan rasa capek karena terforsir membalas kunjungan, atau bisa juga terbebani dengan target sekian komen pada setiap tulisan.

Nikmati saja blog walking anda. "Easy going, but get a lot of anything", Yah, pelan-pelan saja, tapi ambil sesuatu sebanyak-banyaknya dari setiap kunjungan anda. Dalam aktifitas blog walking, disitulah ada sebuah interaksi saling menginspirasi satu sama lain. Sebab, saat itulah kita akan menemukan ragam menu macam info, cerita inspiratif, humor hingga ilmu pengetahuan yang disuguhkan dalam bentuk tulisan. Hingga kadangkala tanpa kita sadari ada pula beberapa diantaranya yang bisa dijadikan pemantik api inspirasi bagi tulisan kita sendiri.

Elvi Sukaesih bilang "bisik-bisik tetangga". Yah, mungkin itu yang harus dilakukan saat melakukan kunjungan. Seksama membaca mendengar bisik-bisik tetangga tanpa harus tergesa. Tak jua terburu meninggalkan komentar, sebelum anda mencerna artikel orang dengan sadar. Sebab, jika meninggalkan jejak saja yang jadi tujuan bewe kita. Hmm.. sungguh..sungguh itu terlaaa.lu ! hahaha.

Saat memasak makanan tentunya kita butuhkan aneka macam bahan. Coba anda bayangkan misal saja seorang emak macam Mimi Radial berhasrat membuat sambal. Tapi, kemudian  kehabisan salah satu bahan pembuat sambal  tadi. Cabe misalnya, atau terasi? Lantas apa yang kira-kira akan Mimi cari? Mungkin dia akan berlari ke tetangga sebelah untuk melengkapi bahan pembuat sambal terasi.  Seperti itulah kiranya salah satu tujuan dari aktifitas blog walking. Mencari bahan pelengkap pada tetangga kanan kiri, lalu menambahkannya ke dalam masakan lezat yang kita buat di rumah sendiri.

Oke deh, sekarang waktunya saya dengar bisik-bisik tetangga lagi. Kira-kira dapat bisikan apa ya dari tetangga sebelah? Semoga saja anda tak bosan melihat penampakan avatar Raja Dangdut sok misterius yang terlihat sibuk wira wiri sendiri. Tunggu saya tiba ya dan jangan lupa sediakan saya sambal terasi hahaha.

Salam Dangdut !

26 comments :

  1. bhiahahaha..lama ga nongol si abang menyediakan bahan sambal terasi utk mimi radial racik..mks bang, titah akan dilaksanakan..dan smg berkenan menikmati dg sepenuh rasa.

    salam dangdut....juuusssss!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cabenya satu ya Mi.. soalnya saya gak doyan pedas haha

      Hapus
    2. Mi... bahasanya admin mirip kayak blogger tak seberapa tampan yak? *kabooorrrr*

      Hapus
  2. BW semestinya memang di niatkan untuk silaturahmi sesama blogger ya, dan insyaallah bonusnya adalah kunjungan balik kan...hehe

    salam dangdut juga bang...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak.. ikhlas dan jangan terlalu tergesa, karena banyak menu lezat yang bisa kita bawa saat pulang ke rumah

      Hapus
  3. hallo mas, ini tetangga ikut bisik-bisik..
    setuju sekali bahwa aktivitas bw akan memberi warna pada blogosphere..seperti juga di dunia nyata, banyak kawan di blogosphere juga amat menyenangkan. dan perkawanan itu di mulai dari bw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satunya pada mbak Evi nih, saya juga sering belajar dari denger bisik-bisik tulisan anda..

      Makasih mbak

      Hapus
  4. yang jelas aktifitas BW menghasilkan teman yg makin banyak... trims sudah berkunjung ketempatku ya... ijinkan saya berkunjung & menyimak bisik2 di sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih balik mbak Mechta. udah mencicipi sambal terasi disini hihi

      Hapus
  5. bisik-bisik kalau dilakukan ramai-ramai bukan lagi bisik-bisik tetangga namanya, tapi sudah berubah menjadi arisan tetangga,
    apapun itu bw memang mau tidak mau tetap harus dilakukan, namanya silaturahmi ke tetangga kan harus saling balas saling mengunjungi..siapa tahu ada yang bawakan sambel sekarung...lumayanlah itu buat dagangan..asyik...mantabs di goyang...keep happy blogging always,
    bisik bisik tetangga,
    kini mulau terdengar slalu ditelinga,
    salam hangat dari tetangga di Makassar :)

    BalasHapus
  6. bisik" tetangga kini mulai terdengar selaluuuu

    maap baru bisa bewe :D

    salam knal kembarannya bang Haji ^^

    BalasHapus
  7. Awal ngeblog aku memang asing dengan istilah blogwalking tapi akhirnya aku jadi familiar dg istilah itu. Ternyata blogwalking itu mengasyikkan lo.. :D

    BalasHapus
  8. buatku.. bewe penting banget.. kita bikin blog tujuannya supaya dibaca orang.. oia curcol yak.. aku punya akun blogger ini sejak pertengahan taun 2009, tp sampe taun 2011 blogku selalu sepi pengunjung, jangankan komentar, follower aja gak sudi join blogku, setelah bergugel ria aku nemuin sebuah blog yg rame bgt pengunjungnya, byk follower dan komentator, pdhl bentuknya adalah personal blog yg cuma memposting kegiatan2 sehari2nya layaknya diary elektrik, lalu aku amati terus blog itu.. ternyata rahasianya adalah dia rajin BW, dari situ aku molai tau, di dunia nyata saja kalo kita menutup diri dr silaturrahmi maka yg lain akan acuh pd kita.. apalagi du dunia maya yg org gak kenal sm sekali profil kita yg sesungguhnya.. akhirnya aku berkunjung dr satu blog ke blog lain dan tentunya berbisik bisik tetangga :D akhirnya skrg alhamdulillah ada yg sudi mampir blogku,, selain itu manfaat bw byk bgt, wawasan kita tambah luas krn temen2 memposting tulisan2 yg unik bermacam2, ada yg ringan, agak berat, politik, santai, dsb :)

    BalasHapus
  9. salam kenal yah mass artikelnya sangat bermanfaat ko ;)

    BalasHapus
  10. BW bisa nambah ilmu pengetahuan dan BW bisa menambh teman benar gak Om :)

    Om bisikin saya ya, siapa nama asli pemilik Blog ini, saya sudah wira wiri kesana kemari, sampai ubek2 blog ini tapi gak tau siapa yang punya blog ini

    BalasHapus
  11. kilo kang aq duwe jajan, rausah rebutan hehehehe....
    Dolan ki ke blog saya...
    Hahaha....

    Posted : Mas ihsan blog's

    BalasHapus
  12. Blog walking emang harus diniatkan untuk bersilaturahmi yah bang...
    kalo dikunjung balik, ya makasih..kalopun gak...
    aku mah ikhlasin ajah...hihihi...

    BalasHapus
  13. Kalo bewe... saya seringnya jadi silent reader... gak cape ngetik. :D

    BalasHapus
  14. I Like Blog walking! heheheh

    BalasHapus
  15. Mas, mungkin salah satu alasan blog ini masih sepi adalah karena tak ada URL blog ini saat bewe ke blog WP. Jadinya saat blogger WP yang akan melakukan kunjungan balik dengan mengandalkan link pengunjung, jadi gak bisa kunjungan balik deh, karena gak tau link blognya apaan.
    Salam dangduters :)

    BalasHapus
  16. Salam kenal, Bang... :-)

    Blogwalking emang asik, buat sy pribadi bewe gak semata untuk dpt kunjungan balik, tapi lebih ke dpt info lain dan cara pandang lain dari orang lain hihihi.... Dan kalo sy ninggalin jejak biasanya memang pertanyaan atau kesan sy setelah baca tulisannya... Klo sy blm baca sampe selesai tulisannya memang gak berani komen... Krn ya itu td, kan ninggalin jejak cuma sepintas lalu sj... Gak dpt apa2 dari rtulisan teman....

    Salam dangduters jg :-) hehehe

    BalasHapus
  17. Boleh usul nggak..? Utk dibuat halaman "about"?

    Kan yg datang jg butuh kenalan dgn yg nulis blog ini :-)

    BalasHapus
  18. Nah kan, saya makin penasaran dengan sampean Kang. Soalnya meski baru ngenal sampean, tapi tulisan sampean menunjukkan blogger yang sudah lama berkiprah, karena pengalaman bewe, dan menghubungankan antara komeng, alexa dan seterusnya hanya bisa ditulis dengan apik oleh orang yang sudah malang melintang diperblogingan

    BalasHapus
  19. Yeah..emang bener. Niat Bewe buat silahturahmi. Jadi kita enjoy melakoni :)

    BalasHapus
  20. Iya emang bewe mah buat silaturahmi sambil nyuri ilmu biar tambah pinter nulisnya..betul apa betul?

    BalasHapus