.

.

Selasa, 29 Januari 2013

Hai Orang Asing !



Jika akhir-akhir ini dunia infotainmen digoyang ulah Raffi, demikian pula halnya yang terjadi di panggung Blogsphere. Seorang oknum blogger bernama Pepi  disebut-sebut telah melakukan aksi tipu-tipu di dunia maya.

Aksi  tipu-tipu ini sebenarnya bukanlah pertama kali dilakukan oleh Pepi. Sebelumnya ditengarai Pepi juga melakukan aksi serupa dengan memakai nama beda. Dari hasil "nguping" saya di beberapa blog tetangga, dikatakan Pepi pernah menggunakan nama  Nata, Oto dan juga Okta saat menjalankan aksi tipu-tipunya.

Dangduters, dunia maya adalah media yang begitu efisien untuk mencari teman sebanyak-banyaknya. Aneka situs jejaring sosial yang kita jumpai, makin mempermudah saja bagi kita untuk mencari relasi baru yang kita ingini. Cukup goyangkan jari jemari, semua bisa saja terjadi. Yang tinggal di desa-desa, bisa saja berteman dengan mereka di Amrik sana. Tiada mustahil   rakyat  jelata bisa bersahabat dengan seorang pejabatnya. Atau, pencinta dangdut seperti saya, bisa  saja berteman dengan penyanyi idola, macam Rhoma Irama, Evie Tamala, Elvi Sukaesih, Vetty Vera, Ayu Tingting dan banyak lagi yang lainnya......

Tapi, satu hal yang harus kita sadari, jika dunia maya hanyalah sebuah dunia abstrak. Dunia yang menawarkan imajinasi melalui layar mini. Apa yang kita lihat, dengar atau mungkin rasakan bisa saja tak sesuai dengan kenyataan. Pun demikian di panggung blogsphere, semua begitu mudah untuk disamarkan. Seseorang yang bengis akan nampak manis lewat polesan  karya yang dia tulis. Seseorang yang berkepribadian palsu akan terlihat syahdu lewat artikelnya yang mendayu-dayu. Semua mudah saja disamarkan lewat permak sebuah tulisan.

Lantas bagaimana cara kita menganalisa kadar jujur  tulisan seseorang? Hmm, saya rasa ini gampang-gampang susah. Namun, saya percaya bahwa dalam setiap tulisan itu menyimpan sebuah kekuatan. Dalam tiap goresan kata disitu ada semacam aura. Disinilah pentingnya sebuah intuisi dari seorang blogger untuk membaca situasi. Kemampuan untuk menganalisa lebay tidaknya setiap tulisan yang kita baca. Boleh-boleh saja kita bersimpati, tapi jangan sampai setengah mati. Positif thinking selalu diutamakan, tapi warning kadang juga diperlukan. Lebih-lebih lagi terhadap orang asing.

Selain melalui blog tulisannya, kita pun bisa menganalisa seorang blogger melalui situs jejaring sosialnya. Menurut saya jejaring sosial itu mewakili separuh kepribadian. Di situ  bisa kita bandingkan relevansi antara tulisan dengan kelakuan. Meski bisa juga sebuah situs jejaring sosial itu dipermak menjadi media propaganda pencitraan seseorang, tapi kadangkala kita sering memergoki seorang blogger yang keceplosan dan berkelakuan yang tak sejalan dengan yang ia tuliskan. Kita amati siapa teman-temannya. Bagaimana isi status-statusnya. atau interaksi dia selama di jejaring maya. Di situ sedikit banyak kita akan mendapat gambaran karakter dari blogger yang masih kita anggap orang asing itu.

Lantas bagaimana jika dia tak memiliki situs jejaring pribadi? atau hanya memuat identitas yang penuh misteri? Wow, menurut saya bukan hanya waspada yang perlu anda lakukan, tapi juga siaga. Sebab, unsur terpenting menjalin hubungan di dunia maya itu adalah kepercayaan. Jadi bagaimana bisa ada sebuah rasa kepercayaan, jika identitas  saja nampak samar di kejauhan?

Nah lo, terus bagaimana dengan empunya blog ini? Apa kita harus percaya juga? Hohoho, tentu saja anda harus siaga, kalau perlu siaga satu darurat bencana. Sebab, bisa jadi saya adalah Pepi yang sedang orang cari-cari hihihi. Tapi, kalau dipikir buat apa sih anda curiga dengan saya? Wong saya loh sebenarnya begitu akrab dan mungkin dekat sekali dengan beberapa dari anda.

Buat anda yang terkena musibah akibat ulah si Pepi, saya hanya bisa membantu dengan turut berbelasimpati. Ikhlaskan saja deh semua yang terjadi, insya ALLAH kelak akan ada ganti. Semoga saja kejadian ini bisa menjadi pelajaran kita bersama-sama, untuk lebih berhati-hati dalam menjalin pertemanan di dunia maya. Yo wis, daripada anda sedih mikirin Pepi, mending kita dengerin Rita Sugiarto nyanyi yuk. Siapa tahu setelah mendengar lagu ini anda tak menganggap  lagi empunya Kafedut ini sebagai orang asing.

Salam Dangdut !

38 comments :

  1. Semoga yang kena musibah nggak kena lagi. #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamin.. semoga jadi pelajaran kita semua ya mas

      Hapus
  2. Aku mau kenalan sama si Pepi Om,, berarti saya harus siaga nih, dengan yang empunya blog ini, takutnya yang empunya blog ini adalah adik sepupu Raja Dangdut hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas, kita harus waspada terhadap setiap orang asing yang kita kenal di dunia maya.. Loh berarti saya bule dong, kan saya asing buat anda :p

      Hapus
  3. Aku juga mau kenalan donk ma PEPI..
    Dan salam kenal sama adeknya Raja Dangduutsungguh ter..la..lu..
    Begadaang nyook !

    BalasHapus
  4. Wah jadi di dumay ada hantunya juga ya bang????

    Sama dengan mas sofyan, saya pun juga harus SIAGA ini siapa tau dia menyapa saya malam ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan hanya hantu, tapi drakula dan serigala dunia maya mas

      Hapus
  5. daku kok udah mulai curiga siapa anda ..hmmmm pasti org yg sgd saya kenal ckckcck

    #timpuk pake pancing :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah harus gitu mbak, untuk orang asing seperti saya harus CURIGA

      Hapus
    2. maaf mbak disini bukan konter pulsa tapi grup organ tunggal hahaha

      Hapus
  6. si pepi termasuk seleb blog juga ya mas...belakangan ini jadi berita disana sini ya...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mbak.. kan Seleb suka bikin berita tuh..

      Hapus
  7. kl sm pemilik blog ini sy harus siaga gak ya? *siapin kentongan ronda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus siaga.. sediakan juga satu regu Hansip kampung hehe

      Hapus
  8. Siap siaga berjoged ria bang Haji. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikuti suara gendangnya mas.. goyang sithik joss!

      Hapus
  9. Katone aku yo ra asing karo sampeyan je, Cak.... Tulisannya, gaya bahasa dan tema yang dibahas, kecintaan pada musik... hahaha... sopo yo iki ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perkenalkan saya dari OM Sonetri mas wkwkwk

      Hapus
  10. wah... terus sekarang si Pepinya ini dimana ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rahasia dong mas, kalau saya kasih tahu kan gak jadi orang asing lagi hihi

      makasih dah mampir mas

      Hapus
  11. Bisnis di dunia online adalah kepercayaan. Orang2 seperti Pepi meugikan mereka yg berbisnis online sungguh2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak.. ulah satu oknum yang lain kena efeknya

      Hapus
  12. Hah? seriusss?? baru tahu yaaa...
    Pepi itu cewe apa cowo yah mas?

    BalasHapus
  13. Musti lebih hati-hati lagi mas. semoga hal kyk gini enggak terjadi lagi nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas.. Waspada sewajar-wajarnya

      makasih dah mampir ya

      Hapus
  14. nah loh aku ketinggal berita nih,, popi???? hmmm ga ngerti,, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru ngerti kok mbak dari bisik-bisik tetangga sebelah

      Hapus
  15. oalah, beberapa hari yang lalu aku di tag di FB soal berita tentang si Pepi ini.
    Aku pernah mengenalnya sbg Atanoto atau Nona Noto.
    Aku juga sudah pernah berkenalan dengannya di 2 blog yg berbeda
    Alhamdulillah sejauh ini aku belum pernah menjadi "korban"nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah deh.. berarti sampean emang punya intuisi pada orang asing mbak.. Hmmm kalu sama saya curiga gak? heheh

      Hapus
  16. Memang kita kudu ati-ati.Berbagai cara dilakukan untuk melakukan penipuan.Terima kasih atas sharingnya......

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas Prop.. sama-sama saling mengingatkan ya..

      makasih:)

      Hapus
  17. Wah, ternyata mas ini ikut mengamati juga yah...
    Baik dunia maya ataupun dunia nyata, waspada itu perlu:-)

    Anyway, udah lama gak denger kiprahnya Vetty Vera yah..hihihi..*salahpokus*

    BalasHapus
  18. Baru dengar berita ini pas kopdar Bandung kemaren. Semoga gak ada korban lain yang berjatuhan dan berserakan... :D

    BalasHapus
  19. Iya, aku barusan kemarin baca ulasan tentang si Pepi the Expoitaser itu. Hahaha! Kasian korban-korbannya. Selain materi, pasti mereka korban perasaan dikhianati orang yang mereka udah percaya dalam beberapa hari atau minggu belakangan.

    Salam Jazz!

    BalasHapus
  20. Waduhhh..bener2 kudu waspada dan siaga soalnya aq dan temen temen di bdg kena tipu org yg bernama Ega Camelia.Waspadalahhhh

    BalasHapus